我 爱 中 文 学 校

14:18 immobulus 3 Comments

Selalu menyenangkan di hari selasa.
Setelah kuliah statistik ada kuliah Mandarin. Hari ini adalah hari pertama belajar bahasa Mandarin di 2014 sekaligus dua hari terakhir sebelum UAS.


Mandarin selalu ditunggu-tunggu. Lebih dari sekedar kegiatan belajar mengajar, di kelas Mandarin tercipta keakraban dan persahabatan , tidak pernah kehabisan cerita di kelas ini. Mulai dari berita yang sedang in  sampai berita yang sedang on, dari gosip rakyat jelata sampai pejabat negara. Tak ketinggalan kisah asmara anak-anak kelas, Wiwik yang jarang mendapat perhatian karena pacarnya sibuk skripsi, Agung yang selalu merindukan cewek Linggau, Hesty yang ternyata punya pacar orang Kalimantan, ketidak jelasan pacar Mario dan Jemmy, dan tak ketinggalan cerita tentang dosen charming satu ini yang pacarnya orang KM.7 hahaaaa ^^V. Semua berita terangkum rapi di 100 menit Mandarin.  



Jumlah Mahasiswa di kelas Mandarin ini hanya 6 orang, 3 cewek dan 3 cowok. Tapi, serunya luar biasa mengalahkan keseruan kelas dengan 30 mahasiswa.

Di kelas ini juga ada cowok-cowok yang suka gosip loh... :O
Agung dan Mario, kalau udah mulai belajar ehhh ni cowok berdua sibuk sendiri, gak tau apa yang diomongin serasa kelas milik berdua. Yang lain sibuk baca aksara, mereka sibuk ngebandingin harga gadget. Yang lucu si Mario, dia suka banget ngebahas politik, entah sadar apa gak kalau lagi ngebahas politik suara Mario paling dominan, pejabat korup lah, ini lah itu lah hahaaaaaa.....
Nah, kalau bicara tentang orang paling sibuk, Jemmy juaranya, Jemmy paling susah ngatur jadwal kalau ada kelas pengganti, banyak alasannya, jadwal yang tabrakanlah, ada kerjaanlah. Yaaa harap maklum, Jemmy udah kerja loh.. (Harus bilang Wowww nih).


Satu hal yang membuat saya agak kewalahan yaitu membaca. Dalam bahasa Mandarin tulisan dengan pelafalannya berbeda. Misal tulisan pinyin-nya "Qing" dibacanya "Cing" aduhhh bikin pusing, belum lagi nadanya, ternyata tiap kata ada nada, beda nadanya beda juga artinya dan inilah tantangannya. Very enjoyable.

Selalu menyenangkan melihat Bu Dewi dengan gaya bicaranya melafalkan tiap kata dalam bahasa Mandarin. Wiwik dengan suara ringannya, Hesty dengan kecepatan menghafalnya secepat ia membaca aksara Mandarin, Agung dengan suaranya yang tegas dan sedikit kurang pas, Mario dengan logatnya yang menurut saya sangat lucu yang membuat saya,  Wiwik, Hesty, Agung, Jemmy dan Bu Dewi tertawa mendengarnya, dan Jemmy dengan percaya dirinya membaca tiap aksara tapi lidahnya kepleset hahahaaaaaa.....


Di akhir kuliah biasanya Bu Dewi ngasih latihan untuk menambah point, untuk urusan yang satu ini saya nyerah dehh.. saya bukan penghafal cepat yang baik dan saya yakin Jemmy juga sependapat dengan saya. Kertas saya dan Jemmy paling sedikit goresannya, berbeda dengan Wiwik, Hesty, Agung dan Mario yang dengan mudah menghafal tiap geresan aksara Mandarin dan selalu mendapat banyak point. 




Waktu terasa begitu cepat ketika belajar bahasa Mandarin. 100 menit yang menyenangkan.

Pasti akan sangat merindukan suasana ini

我 爱  Dewi 老 师
我 爱 同 学
我 爱 中 文 学 校

You Might Also Like

3 comments:

  1. ceritanya bersambung ni yah ? hhehe...
    punya bakat ni jadi penulis :)

    ReplyDelete
  2. Nice story..,
    smster ini, kmi jg ambil MK mandarin sma bu' Dewi..,
    emg, bner kelas bhs. Mandarin itu mnyenangkan.

    ReplyDelete