Honest?

11:16 immobulus 0 Comments

Maukah kalian aku ceritakan tentang satu hal.
Ujian kejujuran. Ya, KEJUJURAN.
Dan tahukah kalian di hari tetakhir ujian akhir semester ini ada tiga mahasiswa berniat mengakhirinya dengan kejujuran kecil. Mungkin sangat kecil dibanding mahasiswa berhati mulia yang memegang nilai kejujuran dari awal kuliahnya.

Tiga mahasiswa ini belajar habis-habisan. Bahkan sampai malam hari H mereka masih terjaga, berharap banyak mendapat buah yang manis dari sedikit kejujuran itu.

Tapi, Tuhan yang maha penyayang menguji kekejujuran kecil tiga mahasiswa ini. Yang satu tidak bisa mencerna apa maunya soal, yang satunya mengerti soal tapi tidak tau jawabannya dan yang satu lagi malah kehilangan file jawabannya di komputer.

Mahasiswa ini memang tidak pintar cemerlang untuk mata kuliah yang satu ini tapi tidak bisa juga dikatakan mereka stupid. Untuk nilai berupa angka yang tertulis di atas kertas, nilai kejujuran ini sangat kecil kawan. Tapi, lihatlah para *sensor* itu luar biasa.


Mungkin sebagian kalian akan mengutuk yang *sensor* ini dan mungkin sebagian lagi akan melakukan pembenaran untuk tindakan buruk ini.

Dan saya, saya pernah jadi yang buruk ini juga pernah jadi yang baik.  Tapi, ada satu hal yang harus kalian percaya setiap perbuatan sekecil apapun akan ada balasannya. Tuhan tidak tidur.

Selalu ada sebab akibat dari perbuatan kita. Berbuat baiklah untuk menjemput akibat yang baik atas perbuatan kita. Penilaian Tuhan jauh lebih akurat dari seribu mata manusia menilai.

You Might Also Like

0 comments: