For every laugh, there should be a tear

08:25 Unknown 0 Comments


"Apakah kamu bahagia."
"Ummm (mengangguk)."
"Apakah dia pernah membuatmu sedih seperti aku dulu membuat kamu menangis?"
"Ummm (mengangguk)."
"Berarti dia sama seperti aku"
"(menggeleng)"
"Lalu?"
"You remember? Pooh say Find the thing you love and stick with it."
"You've found it in him?"
"Ummm (mengangguk)"
"Ok Zes, aku masih tidak mengerti kenapa kamu menangis. Sampai kita harus membeli tiket bioskop kemudia duduk bersebelahan dan bekomunikasi with text dan kamu menangis selama film diputar dan ohh lihatlah ini adalah film komedi, jadi sangat tidak mungkin kamu menangis karena film ini."

Kalian tau, kadang perempuan memiliki cara yang aneh untuk menumpahkan kesedihannya, bisa dengan menulis, baca novel, tidur, hang out, dan mereka melakukan itu sambil menangis. Seperti yang dilakukan Zes saat ini, jika ingin menenangkan diri dia akan menghabiskan ribuan detiknya di dalam bioskop, dia akan memikirkan sesuatu, jika sesuatu itu terasa menyesakkan maka otaknya akan memerintahkan mata untuk menumpahkan beberapa tetes air agar sesak itu sedikit mereda. Dan mata akan terus mengeluarkan air sampai yang empunya merasa lebih baik.

Dan laki-laki tidak perlu capek-capek mengartikan semua itu. Biarkan saja, biarkan saja air itu mengalir sampai air itu berhenti dengan sendirinya. Ini alamiah. Dan woowww kalian akan takjub ketika matanya berhenti mengeluarkan air. Perempuan terlihat jauh lebih baik dan lebih menyenangkan. 

Ketika perempuan menangis, mereka sedang memikirkan sesuatu yang telah terjadi dan akan memikirkan sesuatu jika seandainya mereka melakukan ini, ini dan ini. Mereka cenderung memikirkan solusi agar jauh lebih baik. Dan air mata membuat mereka lebih tegar. Hanya diri sendiri yang menikmati air mata, akan tidak menyenangkan jika orang diseberang sana tau tentang air mata ini. Makanya ketika kalian menanyakan "Apakan kamu menangis?" kepada Ibu, teman perempuan, saudara perempuan, dan makhluk lain yang berlabel perempuan/wanita/gadis mereka akan berkata "Aku tidak menangis/Hanya kelilipan/kurang tidur semalam jadi mata bengkak/mataku digigit semut karena terlalu manis/aku terserang flu", dan ungkapan lainnya.


Jangan heran, mereka juga suka menangisi hal-hal kecil. Dan jangan khawatir, hal ini tidak berlangsung lama. Ehhh, tapi tidak melulu mereka menangis karena sedih, mereka bisa juga menangis karena terlalu bahagia, marah, kecewa, simpati dan berbagai perasaan lainnya. Untuk keseimbangan hidup. For every laugh, there should be a tear

Bioskop ini gelap dan orang-orang pasti sibuk menantikan adegan selanjutnya, jadi sangat tidak mungkin jika ada orang yang melihat apa yang sedang dilakukan Zes saat ini. Inilah yang disukainya. Berada ditengah keramaian tanpa ada yang menanyakan tentang air matanya. Kecuali orang yang saat ini berada di sampingnya.

Saturnus kembali mengetikkan sesuatu di handphonenya. 

"Bolehkah aku bertanya sesuatu?"

"Boleh, tapi hanya satu ya, kalau lebih bayar."

"Ok, Kenapa perempuan suka sekali menangis? Dulu ketika aku kecelakaan kamu menangis, padahal kamu tidak salah apa-apa, ketika aku tidak menghubungimu karena akan fokus ujian kamu juga menangis, padahal aku tidak kemana-mana, ketika aku akan berangkat ke Paris kamu juga mengangis, padahal kamu tau aku pasti akan pulang, ketika aku pulang liburan musim panas kamu bilang ingin putus, tapi kamu menangis dan aku tidak tau tangisan itu untuk apa."

"Ya, karena Tuhan memberiku air mata yang bisa aku gunakan kapanpun."

"?????"

"Seperti Ibumu dan istrimu kelak atau mungkin anak perempuanmu nanti yang tiba-tiba menangis tanpa perlu alasan. Tuhan sangat baik memberi kami air mata dan membolehkan kami menggunakannya kapanpun. Akan sangat aneh jika laki-laki yang melakukan itu. Hahaha"

"Zes, kamu tertawa?"

"Tidak, mana bisa aku tertawa dalam bioskop ini, nanti aku jadi pusat perhatian jika tiba-tiba tertawa sendirian #mikir (gaya cak lontong) hahaaa."

"?????"

Ajaibnya, saat sedih perempuan masih bisa tertawa. Maknya jika kalian laki-laki di seberang sana melalukan kesalahan dan meminta maaf, perempuan masih bisa membalas pesan kalian seperti tidak terjadi apa-apa, padahal di tempat perempuan sedang terjadi hujan lokal hahaaa...

"Saturnus? Hey, kamu melamun."
"Eehh, kenapa Zes."
"Jangan memikirkan aku."
"GR! Siapa juga yang mikirin kamu. Aku lagi liat filmnya, lucu."
"Bohong. Filmnya sudah selesai sepuluh menit yang lalu, kamu tidak lihat lampu sudah dihidupkan dan penonton sudah keluar. Hahahaha. Ayo pulang."
"Z#@$*(&^%!"


Lalu, siapa aku yang banyak tau tentang air mata, cenderung sok tau?
Perkenalkan aku adalah air mata makhluk yang berlabel perempuan/wanita/gadis. Yang diciptakan untuk keseimbangan hidup.

Dan saat ini Zes menangis karena sedang menyeimbangkan kehidupannya (baca: sedih dan kecewa), akhir-akhir ini dia begitu bahagia, entah apa yang membuatnya bahagia, aku lupa menanyakan kepada otak. 


You Might Also Like

0 comments: